24 C
en

30 Hektar Lahan di Kabupaten Rokan Hulu Riau, Diduga Dibakar. ⭐👇

    MEDIA {🇮🇩⭐🇮🇩} NASIONAL

ROHUL : KRIMSUSPOLRI.COM

Rokan Hulu - Sekitar 30 hektare lahan yang kayu di dalamnya lahan sudah ditumbangkan yang ada di Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, dilalap si jago merah. Kebakaran tersebut diduga akibat pembukaan lahan baru.


"Sekitar tiga puluh hektare lahan yang telah di imas tumbang dugaan sementara sengaja dibakar," kata Danton TRC BPBD Rohul Sas Putra, Senin (29/7/2024).


Petugas gabungan TNI-Polri, BPBD, sulit menjinakkan api karena lokasi tidak dapat dijangkau karena daerah perbukitan yang cukup extrim. 


Sas Putra menambahkan, ditemukan karhutla itu sewaktu tim gabungan sedang melaksanakan patroli. 


"Sewaktu kami melakukan patroli, kami melihat kepulan asap, lalu kami menuju kesana dan kami lihat lahan sudah terbakar. Kami cuma bisa melakukan verifikasi titik api. Saat ini api tinggal asap," ungkap Sas Putra. 


Sementata itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Eko Jhon Marta Hendra menghimbau warga agar tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan jika ingin berkebun. 


"Kami meminta dan menghimbau kepada masyarakat agar jangan membuka lahan perkebunan maupun pertanian dengan cara membakar, mengingat rentannya kebakaran dimusim kemarau ini," himbau Eko. 


Eko menjelaskan, saat menuju kelokasi petugas sampai terjatuh. 


"Karena medan menuju kolasi karhutla itu cukup extrim banyak petugas yang terjatuh, tetapi tidak sampai terluka," ungkap Eko. 


Dia memambahkan, kebakaran lahan di daerah tersebut terjadi sejak Minggu (28/7).


"Lahan yang dugaan di bakar di perkirakan terbakar sejak minggu (Semalam). Kami pantau hingga sampai sore tadi, hanya tinggal asap," tutupnya.

Reporter mkp: Alfian Top

Redaksi Blackdown

Penerbit. ⭐👇👇



Older Posts
Newer Posts