24 C
en

 Bengkayang Kalbar Pabrik PKS PT. Darmex Agro Masyarakat dari  Empat Desa  Resmi Menutup  Sementara Waktu.


   MEDIA {🇮🇩⭐⭐🇮🇩} NASIONAL

KALBAR : KRIMSUSPOLRI. COM

KRIMSUSPOLRI||Bengkayang: Kalbar- Hari ini bertempat di PKS PT Darmex Agro yang beralamatkan di Susun Jernang,Desa Godang Damar, Kecamatan Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang masyarakat di Empat Desa menyegel atau tutup sementara Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Darmex Agro, Sabtu 03 Agustus 2024 pagi jam 09:00.

Penutupan ini akibat dari permasalahan Kampak Beliung, pembebasan lahan dan plasma belum direalisasi oleh pihak PT Darmek Agro yang tak kunjung terselesaikan dan sudah berlangsung lama.

Philipus sekalu Ketua Adat Lembah Bawang juga menyarankan kepada pihak perusahaan agar sementara waktu pabrik tidak angkut buah ke dalam Pabrik.

Jadi begini Bapak– bapak yang hadir pada hari ini,pada intinya masyarakat hanya meminta haknya untuk dikembalikan, untuk itu kita tutup sementara pabrik ini,”Imbuh Pilipus Ketua DAD Kecamatan Lembah Bawang.


Philipus Ketua DAD Kecamatan Lembah Bawang kepada awak media ini mengatakan dimana kegiatan penutupan Pabrik PKS PT Darmex Agro pada hari ini adalah untuk menuntut hak masyarakat dari ke empat desa yang bersangkut paut dengan pihak perusahaan PT Darmex Agro, diantara ke empat tersebut adalah Desa Kinande,Desa Godang Damar,Desa Janyat,dan Desa Lembah Bawang",Ucap Philipus Ketua DAD Kecamatan Lembah Bawang.


Kami dari pihak DAD yang mengakomodir mereka semua yaitu untuk menuntut hak-hak masyarakat adapun tuntutan masyarakat ke empat desa tersebut yang pertama Pembebasan lahan dan Plasma,yang kedua GRTT yang belum di ganti rugi oleh Pihak Perusahaan,yang ketiga ada sejenis Kampak Baliung dan ke empat CSR perusahaan itu sendiri.


Philipus juga mengatakan sampai saat ini perusahaan tidak mau menyelesaikan permasalahan atau membuat MOU dengan masyarakat keempat desa yang ada dilingkungan PT Darmex Agro ini,yaitu mulai dari Desa Kinande, Desa Godang Damar, Desa Janyat,dan Desa Lembah Bawang,ada satu lagi yang masuk Kabupaten Sambas yaitu desa Saret Ayon yang juga belum di selesaikan permasalahannya sampai saat ini oleh perusahaan PT Darmex Agro ini.


Jadi kami dari Empat Desa dua Kecamatan dan dia Kabupaten yaitu Kecamatan Lembah Bawang dan Kecamatan Tebas masuk Kabupaten Sambas kalau Kecamatan Lembah Bawang masuk Kabupaten Bengkayang.


Respon Perusahaan terkait penutupan Pabrik PKS PT Darmex Agro ini ya tentunya mau tidak mau tetap setuju dan sepakat di tutup,lalu tetap melakukan hal yang damai atau melakukan hal yang aneh-aneh.


Selama penutupan ini pihak Perusahaan masih tetap bisa beroperasi tepi pintu tidak dapat dibuka seperti biasanya,kalau untuk Menjeprin,memasang lampu atau untuk mematikannya lampu itu tidak dilarang",Tegas Philipus Ketua DAD Kecamatan Lembah Bawang.


Dalam pertemuan yang cukup alot itu, Armaidi selaku Manajer Pabrik PKS PT Darmex Agro, meminta agar pihak perusahaan bisa melakukan pengawasan aset selama pabrik di tutup.


Kami juga minta Sekuriti bisa lewat samping bila masuk dalam pabrik, untuk melakukan pengawasan aset,” terang Armaidi di ruang pertemuan Pabrik PT Darmek Agro.


Ditempat yang sama Camat Lembah Bawang Adris saat di wawancara mengenai penutupan Pabrik PKS PT Darmex Agro hari ini adalah sebuah agendakan oleh DAD Kecamatan Lembah Bawang, berdasarkan koordinasi bersama jajaran DAD Kabupaten dan seterusnya dikomunikasikan oleh pihak DAD, 


Sementara pihak pemerintah hanya mengetahui dalam hal ini kami memenuhi undangan untuk menyaksikan bersamaan dengan langkah selanjutnya itu menjadi ranah DAD",Ucap Adris Camat Lembah Bawang.


Saya berharap kepada pihak perusahaan bisa berkoordinasi dan komunikasi dengan masyarakat untuk menyelesaikan masalah-masalah yang selama ini menjadi tuntutan masyarakat melalui penutupan pada hari ini.


Sesuai dengan berita acara yang di tempelkan atau yang di sampaikan DAD itu juga merupakan bagian dari pada hal yang sudah cukup lama menjadi bahan pembicaraan.


Karena pertemuan dan rapat-rapat yang sudah dilakukan sudah berulang kali belum juga penyelesaiannya,jadi untuk kelanjutannya mengenai permasalahan ini saya berharap kepada Pihak Perusahaan punya niat baik untuk berkomunikasi bagaimana yang sebaiknya.


Pesan dan kesan saya selaku Camat Kecamatan Lembah Bawang untuk kegiatan penutupan Pabrik PKS PT Darmex Agro pada hari ini tentunya tidak menimbulkan masalah Kamtibmas karena semua pihak sudah jelas melihat dan menyaksikan.


Kemudian pihak keamanan dan pihak Pemerintah sudah menyaksikan pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab tidak ikut campur dalam kegiatan Penutupan pada hari ini",Tutup Adris Camat Kecamatan Lembah Bawang.

Penulis : Rinto Andreas

Redaksi. Blackdown

Penerbit. ⭐👇👇



Older Posts
Newer Posts